Sunday, 28 May 2017 13:47

    Campuran Pupuk Kimia Npk Dengan Bokashi Cair Dapat Menggantikan Pupuk Abmix Pada Budidaya Sayuran Sistem Hidroponik

    Written by PTPP
    Rate this item
    (1 Vote)

    Nutrient film technique (NFT) merupakan salah satu tipe spesial dalam hidroponik dimana pemberian air dan nutrisi dilakukan secara bersamaan atau fertigasi. Konsep dasar NFT ini adalah suatu metode budidaya tanaman dengan akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, nutrisi dan oksigen. Tanaman tumbuh dalam lapisan polyethylene dengan akar tanaman terendam dalam air yang berisi larutan nutrisi yang disirkulasikan secara terus menerus dengan pompa. Daerah perakaran dalam larutan nutrisi dapat berkembang dan tumbuh dalam larutan nutrisi yang dangkal sehingga bagian atas akar tanaman berada di permukaan antara larutan nutrisi dan styrofoam, adanya bagian akar dalam udara ini memungkinkan oksigen masih bisa terpenuhi dan mencukupi untuk pertumbuhan secara normal. Campuran antara pupuk kimia NPK dengan bokashi cair akan dapat memberikan pertumbuhan yang baik dan mempunyai produktivitas tinggi bila digunakan sebagai pupuk dalam budidaya hidroponik, sehingga dapat dipakai sebagai pengganti pupuk ABmix pada budidaya sayuran dengan sistem hidroponik.

    Tujuan

    Untuk mengetahui seberapa besar campuran pupuk kimia NPK dengan pupuk bokashi cair dapat digunakan sebagai nutrisi untuk mendapatkan produktivitas yang tinggi pada budidaya sistem hidroponik sehingga dapat menggantikan pupuk ABmix yang harus beli di toko-toko pertanian tertentu.

    Waktu dan Lokasi Kegiatan

    Kegiatan penelitian dilakukan di Rumah Kaca, Laboratorium Pengembangan Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (LAPTIAB), Serpong. Waktu penelitian pada bulan April-Mei 2012.

    Hasil Kegiatan

    Pada budidaya hidroponik sistem NFT dengan tanaman sawi varitas Tosakan yang menggunakan pupuk bokashi cair dicampur dengan pupuk kimia NPK (16-16-16) Mutiara dengan komposisi: NPK 1 gram per 1 liter air + 100 ml pupuk bokashi + 1 liter air memberikan hasil yang nyata dapat menyamai hasil yang sama dengan menggunakan pupuk ABmix dan bahkan daunnya lebih lebar bila dibandingkan dengan yang menggunakan pupuk ABmix.

    Mitra Kegiatan

    Ini merupakan produk penelitian untuk membandingkan produktivitas antara campuran pupuk kimia NPK dengan pupuk bokashi cair dibandingkan pupuk ABmix dalam budidaya hidroponik.

    Gambar 1. Pengujian pada tanaman sayuran menggunakan Pupuk NPK dengan Bokashi Cair

     

    Last modified on Sunday, 28 May 2017 13:54