Friday, 21 September 2018 08:32

    FGD PERCEPATAN PROGRAM INTEGRASI SAWIT SAPI DALAM MENDUKUNG SWASEMBADA PROTEIN NASIONAL

    Written by Admin
    Rate this item
    (0 votes)

    Diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Produksi Pertanian, BPPT RI bersama dengan Puslitbangnak dan Program ACIAR - PT. INDOBEEF

    Acara FGD ini dibuka oleh Deputi Kepala BPPT bidang TAB Dr. Soni Sulistia W. Dalam laporannya Direktur PTPP Dr. Dudi Iskandar menyampaikan tujuan FGD ini adalah untuj update kemajuan bidang riset, teknologi, kebijakan, implementasi integrasi sawit sapi dan merumuskan langkah percepatan integrasi sawit sapi untuk mendukung ketahanan pangan.

    Acara ini dihadiri 100 peserta dari berbagai stakeholder dan para ahli dari berbagai bidang dan pemangku kepentingan terkait. yg mewakili pemerintah (BAPPENAS, KEMENKO Perekonomian), Litbang Pertanian, Litbang Peternakan, akademisi dan peneliti (UGM, UNPAD, LIPI), bisnis/swasta GAPKI, PT Astra Agrolestari, PT Bayu Buana, para Kepala Dinas Peternakan, para pengamat, para peneliti dari ACIAR, IndoBeef (Prof.John Ackerman) dan kelimpok peternak/ komunitas TANI serta dari perbankan, BRI.

    FGD pagi hari fokus pada sektor policy, dengan catatan akhir perangkat peraturan perundangan sudah cukup lengkap utk mendukung integrasi sawit sapi sebagai upaya peningkatan produksi ternak dan regulasi yg memayungi integrasi sawit sapi tinggal melanjutkan implementasinya di lapangan. Serta perlunya memperkuat integrasi sinergi diantara litbang dan perusahaan yang mempunyai program integrasi sawit sapi.

    Topik fokus sesi 2 terkait implementasi dengan berbagai informasi kajian ilmiah dampak positif negatif oleh BPPT, pengalaman lapangan, dari pihak swasta dan masyarakat serta perbankan.

    Dari FGD ini telah dibentuk dan dikukuhkan Forum Komunikasi Integrasi Sawit Sapi Indonesia (FORKISS) yang akan menjadi wadah pertukaran informasi dan komunikasi diantara stakeholder dan mengawal akselerasi integrasi sawit sapi di Indonesia.

    Read 38 times Last modified on Monday, 08 October 2018 07:19